Tempat wisata di Bengkulu

10 Tempat Wisata di Bengkulu Terfavorit yang Jarang Diketahui Orang

Wanovy | Travel | 28-12-2021

Salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik adalah Bengkulu.

Provinsi dengan sebutan sebagai Bumi Raflesia ini menyimpan banyak pesona alam yang tak kalah indah dari provinsi-provinsi lainnya. Selain itu juga ada banyak tempat bersejarah yang ada di provinsi ini.

Jika kamu ingin berlibur yang menyenangkan, berikut ini 10 tempat wisata di Bengkulu yang memiliki keindahan alam yang memukau dan dapat kamu gunakan sebagai referensi.

1. Pantai Panjang

Sebagai salah satu wilayah pesisir, maka tak heran jika kamu menemukan banyak pantai di Bengkulu. Tempat wisata di Bengkulu ini adalah salah satu destinasi wisata pantai yang paling populer di kota ini.

Sesuai dengan namanya, Pantai Panjang Bengkulu merupakan salah satu pantai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai hingga 7 km.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai ini, mulai dari bersepeda sembari menikmati udara sejuk khas pantai, hingga bermain air laut di tepi pantai.

2. Bukit Batu Kandis

Tak hanya Bukit Kaba, wisata Bukit Batu Kandis ini juga wajib kamu kunjungi. Ketika sampai lokasi tersebut, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa bukit yang berbentuk seperti Spinx di Mesir.

Pepohonan yang rindang dan pegunungan yang berjajar membuat panorama di kawasan Bukit Batu Kandis semakin mengagumkan.

Bukit Batu Kandis sangat cocok bagi para wisatawan yang mendambakan wisata yang nyaman, tenang, dan jauh dari kebisingan kota.

Untuk sampai ke lokasi, kamu perlu melalui jalanan yang bermedan cukup terjal. Meski begitu, perasaan arik akan hilang seketika arik sampai ke Bukit Batu Kandis ini. Hawanya yang begitu sejuk juga menjadi daya arik tersendiri

3. Pantai Koomang Pulau Enggano

Tempat wisata di Bengkulu berikutnya yang menarik dan masih belum cukup ramai yakni pantai Koomang Pulau Enggano.

Pulau Enggano terletak di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Di Pantai Koomang Pulau Enggano terdapat sebuah tebing setinggi 10 hingga 20 meter yang memisahkan dua lautan.

Karena masih jarang dijamah, mudah menemui ikan hias. Pantai dengan kadar garam yang cukup tinggi ini pun cocok untuk snorkeling karena membuat seseorang mudah mengapung.

4. Pantai Tapak Balai

Konon, Pantai Tapak Balai tidak kalah keindahan pesonanya dengan Pantai Tanah Lot, Bali. Pantai yang Terletak di Desa Tebing Kandang, Kec. Air Napal ini dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan lewat Jl. Bengkulu – Mukomuko.

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini kapanpun saat sedang menginginkan pemandangan pantai yang indah. Hanya perlu sediakan kurang lebih Rp 20.000 untuk ongkos perjalanan jika kesini menggunakan bus dan sepeda motor.

5. Danau Biru

Ketika berkunjung ke sana, kamu tak hanya dimanjakan oleh indahnya satu danau, melainkan dengan empat danau sekaligus. Sesuai dengan namanya, danau-danau tersebut memiliki air jernih berwarna biru.

Untuk bisa mencapai ke sana kamu harus merasakan lelahnya melewati bebatuan yang menanjak. Namun, lelah itu akan segera terbayar dengan keindahan yang ditawarkan Danau Biru.

6. Pulau Tikus

Bengkulu juga memiliki wisata pulau yang tidak kalah seru. Destinasi wisata Bengkulu yang ini kerap kali dikunjungi oleh warga sekitar maupun para pelancong.

Lokasinya hanya sekitar 40 menit dari Kota Bengkulu, dan tentunya kamu perlu menyebrang dengan menggunakan kapal atau perahu.

Berkat kejernihan air dan keindahan pesona alam bawah lautnya, maka pulau ini juga menyediakan wahana snorkeling yang pastinya akan sangat menarik untuk kamu coba. Tak hanya itu, ternyata Pulau Tikus memang sedang dikembangkan sebagai destinasi wisata scuba diving di Bengkulu.

7. Pantai Muara Ketahuan

Selain Pantai Tapak Balai, Pantai Muara Ketahun juga salah satu objek wisata pantai di Bengkulu yang wajib dikunjungi dalam daftar Wisata Bengkulu-mu.

Jika kamu mencari suasana tentram dan omantic, datanglah ke pantai ini saat sunset. Dijamin pengalamanmu disini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

8. Danau Dendam Tak Sudah

Nama danau ini memang unik karena konon dahulu terdapat sepasang kekasih yang menceburkan diri ke sana untuk bunuh diri.

Hal itu dikarenakan hubungan mereka tidak mendapatkan restu dari orang tua si perempuan. Pemandangannya tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Berlokasi di Dusun Besar yang masih berada di Kota Bengkulu, pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencapai tempat wisata ini.

Sekitar danau tersebut terdapat beberapa tanaman langka seperti anggrek matahari dan juga hewan khas daerah tersebut yakni siamang. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan khas Bengkulu di rumah makan sekitarnya

9. Benteng Marlborough

Tempat wisata Bengkulu yang selanjutnya adalah tempat bersejarah. Ialah Benteng Marlborough. Benteng ini menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan Inggris. Benteng ini dibangun pada 1713-1719 oleh East Indoa Company (EIC).

Bentuk arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini mirip kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar.

10. Fort  Marlborough

Salah satu bangunan bernilai sejarah di Bengkulu adalah Benteng Marlborough. Gubernur Joseph Callet adalah pendiri dan pelopor gedung ini. Gedung ini merupakan gedung yang dirancang oleh sekutu Inggris East India Company (EIC). Diperlukan waktu enam tahun untuk membangun gedung putih kokoh ini, dari tahun 1713 hingga 1719.

Di pintu depan benteng kita akan melalui pintu besi yang masih terlihat sangat kokoh dan memberikan kesan tersendiri, sebuah pintu yang eksotik dan menjadi spot berpoto bagi banyak wisatawan.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Bengkulu yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur.

Untuk penjelasan selengkapnya tonton video 10 Tempat Wisata Terbaik Bengkulu di channel YouTube kami.

Tag : #wisata bengkulu    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata sejarah   

Baca Juga