Tempat Wisata di Lampung

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Kamu Kunjungi

Wanovy | Travel | 27-12-2021

Lampung menyimpan segudang kekayaan alam yang luar biasa dan istimewa. Karenanya, provinsi yang berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan tersebut memiliki banyak destinasi wisata alam. Jadi, Lampung cocok banget untuk dijadikan sebagai tujuan wisata.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur di kota ini.

1. Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Lampung memang terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya. Salah satu yang jadi andalan adalah Pantai Dewi Mandapa. Bukan cuma hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakanmu, terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa kamu jamah.

Misalnya seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Kamu akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto. Hanya saja untuk masuk ke sana, kamu akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20 ribu per lokasi.

2. Way Kambas

Tempat wisata di Lampung yang selanjutnya ialah Taman Nasional Way Kambas. Taman ini merupakan salah satu taman nasinional yang memiliki berbagai flora dan fauna.

Lokasinya terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Tempat ini juga menjadi lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera.

Di sini pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah. Way Kambas juga kerap dijadikan tempat penelitian satwa-satwa langka, baik dari peneliti nusantara maupun peneliti asing.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pada hari biasa sebesar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal, sebesar Rp 150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Kemudian pada hari libur sebesar Rp 7.000 per orang untuk wisatawan lokal, dan sebesar Rp 225.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

3. Kawah Keramik

Kawah Keramik merupakan tempat wisata di Lampung yang menyajikan hamparan lempengan batu yang mengeras, menyerupai kerak ketel uap panas dengan asap yang membumbung tinggi. Tak sedikit pula muncul air panas yang menyembur di beberapa sudut.

Di bawah hamparan lempengan tersebut merupakan sumber air panas yang meletup-letup, ada yang membentuk kubangan dalam ukuran besar maupun kecil, yang tak sedikit mengalirkan air hangat.

4. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Tempat wisata di Lampung Taman Purbakala Pugung Raharjo berada di Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur.

Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah wisata edukasi karena di sini tersimpan artefak-artefak sejarah masa lampau. Wisatawan yang biasa berkunjung ke Taman Purbakala Pugung Raharjo biasanya berbasis pendidikan. Tujuannya adalah untuk pembelajaran dan mengenal sejarah situs purbakala.

5. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang menawarkan pesona bawah laut nan indah yang belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pulau dengan luas sebesar 1.084 hektar ini memiliki hutan mangrove, pantai pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang cantik.

Pulau ini sangat cocok untuk berenang di pantai, banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai. Pengunjung akan dikenai biaya masuk pulau sebesar Rp 5.000 per orang, sewa perahu untuk snorkeling Rp 20.000 per perahu, sewa alat snorkeling Rp 50.000 per set, banana boat dan Rp30.000 per orang.

Menginap di Pulau Pahawang bisa dengan menyewa homestay dengan harga kisaran Rp 600.000 per rumah untuk 10–15 orang.

6. Bendungan Margotirto

Bendungan di daerah Gisting ini sebenarnya adalah bangunan sisa pemerintahan kolonial Belanda yang dibangun sekitar tahun 1930-an. Bendungan Margo Tirto sempat viral di media sosial, karena foto permukaan air yang menampakkan tanaman air di dalamnya.

Kini tempat yang dinamai Kampung Air Margotirto ini berubah menjadi tempat wisata dan dilengkapi kolam panjang berukuran 80x30 meter hingga sepeda bebek kayuh.

7. Pantai Kerangmas

Pantai Kerangmas merupakan tempat wisata di Lampung yang berada di Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Pantai ini dikenal dengan hamparan pasir putih yang indah.

Ombak yang tidak terlalu tinggi membuat anak-anak nyaman bermain main di tepi. Bagi kamu yang ingin ke Pantai Kerangmas harus membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang.

Jika ingin menikmati keindahan perairan Pantai Kerangmas, ada speed boat yang membawa wisatawan berkeliling pantai. Cukup membayar Rp15 ribu untuk sekali naik speed boat dan akan dibawa berkeliling selama 10 menit.

Di Pantai Kerangmas juga tersedia andong yang akan membawa kamu menyusuri pasir putih di tepi pantai. Biaya naik andong sebesar Rp30 untuk jarak 800 meter.

8. Danau Ranau

Danau Ranau menawarkan segudang keistimewaan, mulai dari tempat wisata yang keren, hingga pengalaman dan sensasi yang tiada duanya.

Hal istimewa pertama yang bisa kamu saksikan dan rasakan langsung adalah pemandangan alam yang indah dari Danau Ranau itu sendiri, juga Gunung Seminung sebagai latar belakang, dan Pulau Marisa di tengah danau.

9. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu Di pantai ini, kamu akan kesulitan menemukan tempat untuk bisa berenang. Tapi kamu akan mudah menemukan spot yang menarik untuk foto-foto dengan latar belakang yang eksotik.

Yang menjadi andalan dari pantai ini adalah lansekap yang tidak biasa. Batu-batu karang menjulang dengan kesan tajam dan lancip layaknya deretan gigi ikan hiu menjadi ciri khasnya.

10. Pulau Balak

Tempat wisata di Lampung yang terakhir adalah Pulau Balak .Sajian pantai berpasir putih dengan suasana yang sepi menjadikan pulau ini salah satu pulau kecil di Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

Di pulau ini terasa sepi dan damai karena tidak berpenghuni, namun terdapat penjaga. Ada juga penginapan bila pengunjung ingin bermalam atau mendirikan tenda sendiri di pantai.

Serasa pulau pribadi, pengunjung bisa berenang di pantai, snorkeling, atau sekadar bersantai sambil menikmati camilan yang dibeli di warung sekitar atau membawanya dari rumah.

Untuk memasuki pulau ini tidak ada biaya masuk, namun biasanya pengunjung dapat membayar seikhlasnya kepada pengurus pulau.

Itulah beberapa tempat wisata di Lampung yang cocok untuk kamu dan keluarga kunjungi saat liburan. Semoga bermanfaat!

Tag : #lampung    #wisata lampung    #tempat wisata   

Baca Juga