Dapat Julukan Film Terseram Sepanjang Masa, 10 Rekomendasi Film Horor Tahun 90 an

Dapat Julukan Film Terseram Sepanjang Masa, 10 Rekomendasi Film Horor Tahun 90 an

Sondang | Hiburan | 12-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Era 90an menjadi tempat lahirnya banyak film horor ikonik. Bahkan rata-rata film klasik itu masih sangat digemari, banyak dicari dan ditonton ulang hingga kini. Sampai-sampai banyak pecinta film horor dunia sepakat jika banyak film horor pada tahun-tahun itu adalah film horor terbaik sepanjang masa.

Film-film tersebut bahkan menginspirasi lahirnya film horor dengan plot cerita sama di kemudian hari. Sehingga, setiap tahunnya horor menjadi genre yang paling produktif. Yuk simak kelanjutannya!

1. The Exorcist (1973)

Film ini mendapat predikat sebagai film horor terbaik sepanjang masa.  Film horor legendaris yang tayang pada 1973 ini mengangkat kisah pengusiran setan dari tubuh seorang anak perempuan yang kesurupan. Namun kisah nyatanya sendiri dialami oleh remaja pria berusia 14 tahun.

Peristiwa aslinya terjadi pada 1949, ketika seorang pendeta melakukan ritual untuk mengeluarkan arwah dari anak bernama Robbie Doe. Dikatakan bahwa anak tersebut kesurupan setelah main papan Ouija dan pendeta harus melakukan pengusiran setan 20 - 30 kali demi menyelamatkannya.

Kasus ini begitu menghebohkan hingga jadi headline surat kabar Washington Post. Kemudian pada 1971, peristiwa tersebut jadi inspirasi novel yang ditulis William Peter Blatty, yang kemudian diadaptasi ke dalam skenario film.

2. A Nightmare on Elm Street (1984)

A Nightmare on Elm Street yang rilis di tahun 1984, memperkenalkan salah satu tokoh horor yang paling populer sejagat, yakni Freddy Krueger. Tokoh ini pertama kali muncul dalam film horor A Nightmare on Elm Street yang disutradarai oleh Wes Craven. Semasa hidupnya, Freddy Krueger adalah pembunuh anak-anak. Pria bertopi ini pun meninggal karena dibakar hidup-hidup oleh masyarakat.

3. Ringu (1998)

Film Jepang produksi tahun 1998 ini dinobatkan menjadi film horor Asia yang paling menakutkan. Saking tenarnya, RINGU sampai dibuat ke versi Hollywood dengan judul THE RING.

Ringu mengisahkan mengenai sebuah rekaman video, yang jika ditonton, kamu harus menyelesaikan misteri yang diberikan. Jika tidak, hantu berbaju putih dengan rambut panjang bernama Sadako itu akan membunuhmu.

Meski memiliki kisah yang kurang lebih sama dengan THE RING, RINGO dianggap jauh lebih menyeramkan.

4. Friday The 13th (1980)

Kebudayaan barat selalu menjauhi hari Jumat yang bertepatan tanggal 13. Inilah yang membuat salah satu rekomendasi film horor berikutnya jatuh pada Friday the 13th.

Ini dianggap film horor yang paling seram. Film ini bercerita menganai pembunuhan berantai oleh sosok misterius terhadap sekelompok remaja yang sedang camping. Konon, banyak penonton yang mengurungkan niat camping setelah melihat film horor ini.

5. The Evil Dead (1981)

Film ini kali pertama disutradarai oleh Sam Raimi. Awalnya dirinya dianggap sebagai sineas yang tak punya jam terbang tinggi dan dianggap tak bisa membuat film horor menarik, namun siapa sangka Evil Dead akhirnya dianggap sebagai salah satu film horor terbesar sepanjang masa.

Evil Dead bercerita tentang kisah lima mahasiswa Michigan State University, yang secara tidak sengaja melepaskan setan dan roh dari Kitab Orang Mati. Mungkin saat ini cerita itu begitu terdengar konyol, namun isi cerita keseluruhan Evil Dead tetap saja menakutkan banyak penonton sampai saat ini. Belakangan film kembali dibuat versi remake-nya.

6. Rosemary's Baby (1968)

Rosemary's Baby awalnya berasal dari karya novel Ira Levin pada 1967, yang kemudian diadaptasi sang sutradara Roman Polanski menjadi film horor berkelas dan mengerikan. Film ini kemudian mengangkat namanya menjadi sutradara terbaik hingga saat ini.

Film ini menceritakan tentang ibu rumah tangga muda bernama Rosemary Woodhouse dan suaminya Guy saat pasangan tersebut pindah ke gedung apartemen kuno di New York City. Setelah pindah, serangkaian acara menyebabkan Rosemary mencurigai suaminya Guy telah menandatangani sebuah perjanjian dengan tetangga mereka mengenai bayi yang belum lahir untuk tujuan ritual gaib.

7. Halloween (1978)

Film legendaris 70-an yang disutradarai John Carpenter ini dianggap sebagai pendahulu sekaligus pedoman genre film slasher-horror. Halloween adalah satu dari dua atau tiga film horor yang dikreditkan mendorong film horor menjadi 'naik kelas'.

Halloween menceritakan seorang pemuda Michael Myers yang membunuh kakak perempuannya. Namun usai dimasukkan rehabilitasi dia berhasil kabur dan berbuat onar di malam Halloween.

8. Psycho (1960)

Psycho dianggap film menakutkan selevel dengan karya klasik seperti Halloween, Friday the 13th, atau Nightmare on Elm Street. Film yang dibesut oleh sutradara jenius Alfred Hitchcock ini disebut-sebut film yang selalu mengerikan, bahkan sampai 50 tahun sejak film ini dirilis.

Psycho banyak menggaet bintang papan atas kala itu, seperti Janet Leigh (The Fog, 1980), Vera Miles (The Searchers, 1956), hingga Martin Balsam (12 Angry Men, 1957).

Dalam film ini, Janet Leigh berperan sebagai Marion Crane, seorang sekretaris real estate yang melarikan uang klien sebesar USD 40 ribu. Aksi nekat Marion itu dipicu pula oleh rencananya untuk menikah secara diam-diam dengan Sam Loomis (John Gavin), kekasihnya yang baru saja bercerai.

Dalam pelariannya, Marion sempat menginap dalam sebuah motel. Pemiliknya seorang pemuda canggung bernama Norman Bates (Anthony Perkins), hidup berdua dengan ibunya yang tua dan sakit-sakitan. Tidak lama, tersiar kabar bahwa Marion menghilang tanpa jejak.

9. The Shining (1980)

The Shining saat ini sudah dianggap sebagai salah satu film horor terbaik sepanjang masa, menjadi tonggak penting dalam sejarah film dan subjek budaya pop yang telah lama ada.

Jack Torrance (Jack Nicholson) menerima pekerjaan barunya sebagai caretaker di sebuah hotel terpencil bernama Overlook Hotel. Di saat off-season Jack mengajak istrinya Wendy (Shelley Duvall) dan putranya Danny (Danny Llyod) untuk tinggal di hotel tersebut selama beberapa bulan. Sialnya, hotel tersebut ternyata menyimpan rahasia kelam yang misterius.

10. The Haunting (1963)

Film horor Robert Wise tahun 1963 ini adalah salah satu film paling menakutkan yang pernah dibuat dan dianggap super mengerikan, bahkan ketika ditonton ulang sesudah 50 tahun film ini dirilis.

The Haunting menceritakan tentang sebuah tim penyelidik paranormal yang menghabiskan beberapa malam di sebuah rumah berhantu. Seiring peristiwa supernatural terus meningkat selama perjalanan tinggal mereka, salah satu anggota kelompok tersebut, Eleanor Lance, mulai menjadi semakin tidak stabil secara mental saat dia merasa yakin bahwa kekuatan di balik rumah tersebut berusaha membawanya pulang.

The Haunting benar-benar salah satu film terhebat dalam genre hiruk-pikuk rumah kengerian.

Tag : #hiburan    #horor    #90an    #film    #rekomendasi   

Baca Juga