Pasar Maeklong Thailand (99percentinvisible.org)

10 Pasar Teraneh dan unik di Dunia

Martha | Travel | 10-01-2022

PARBOABOA – Pasar adalah tempat jual beli suatu barang, namun bagai mana bila pasar yang kita datangi aneh dan agak menyeramkan.

Jika kalian termasuk orang yang suka dengan keunikan dan antimenstrim suatu negara ketika sedang traveling. Kalian bisa mengunjungi 10 negara terunik dan aneh di dunia.

Dari sederet negara di bawah ini kalian akan menemukan barang yang unik hingga tidak lazim. Nah jika kalian ada di salah satu negara tersebut, sempatkanlah untuk berkunjung.

Dari pada penasaran yuk simak dineraga mana saja ada pasar yang anek dan unik tersebut.

1. Pasar laba-laba, Kamboja

Sesuai dengan namanya, jika kalian berkunjung ke Kamboja jangan heran apa bila kalian hanya menemukan penjualan laba-laba.

Laba-laba yang ada disana dijual bukan untuk dipelihara, namun untuk dikonsumsi sebagai camilan.

Mungkin kita merasa geli dan jijik ya, membayangkan bagaimana rasanya makan laba-laba. Tapi kata orang-orang yang pernah mencobanya langsung, rasanya gurih dan sedap, mirip campuran daging ayam dan ikan. Punya nyali untuk mencoba?

2. Pasar penyihir, Bolivia

Dan yang selajuntnya adalah pasar penyihir, tapi kalian jangan berfikir terlalu jauh, pasar yang satu ini tidak menjual perlengkapan sihir seperti ala murid hogwarts di film ‘Harry Poter’.

Mengapa pasar ini disebut pasar penyihir, kerena yang dijajakan disana adalah benda-benda aneh. Diantaranya seperti janin hewan yang sudah dikeringkan, bangkai katak, hewan yang diawetkan, bulu burung hantu, hingga batu-batu asteroid.

Pasar penyihir yang terletak di La Paz, Bolivia ini hanya didatangi rata-rata seorang dukun, peramal, hingga peneliti astrologi.

3. Voodoo Fetish Market – Togo

Ini merupakan pasar Voodoo terbesar di dunia. Beberapa contoh peralatan Voodoo yang dijual antara lain boneka Voodoo, tengkorak, jantung kuda, hingga kaki gajah. Rata-rata benda tersebut adalah bahan dasar obat atau ramuan tradisional.

Tabib di Togo meyakini bahwa ramuan tersebut terbukti ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pasar ini juga sering dijadikan "apotek" bagi masyarakat yang tak memiliki harta untuk berobat ke tabib.

4. Pasar gipsi, Bulgaria

Setiap pertengahan bulan Maret atau hari yang dipercaya disana sebagai hari Santo Todor, dimana setiap pinggiran Kota Stara Zagora, Bulgaria akan berubah menjadi tempat jual beli jodoh. Jangan kalian mengangap sebagai praktik prostitusi, karena hal ini sudah menjadi adat yang sudah turun temurun.

Setiap gadis akan berpenampilan sebaik mungkin untuk memikat para pria. Pria dan wanita yang hadir akan didampingi oleh masih-masing keluarga.

Mereka juga akan menentukan kriteria calon menantu idaman. Pria yang tertarik dengan sang wanita harus meminta izin dan berbincang dengan keluarga wanita. Kamu mau coba?

5. Mercado de Sonoro, Meksiko

Meksiko juga mempunyai pasar unik sekaligus aneh, dimana pasar ini akan menjual barang-barang untuk ritual mistis. Boneka voodoo, patung iblis, lilin ritual, sampai ramuan misteris juga tersedian dipasar ini. Banyak penyihir dan dukun dari seluruh dunia datang untuk berbelanja.

6. Pasar Bisu Kota Baru, Sumatra Barat

Wah tak hanya diluar negeri aja ada pasar yang unik, di Indonesi ternyata juga ada yang terletak di Sumatra Barat. pasar yang ada disana akan melakukan transaksi dengan bahasa isyarat, makanya disebut pasar bisu.

Bukan dengan ngobrol, penentuan kesepakatan dilakukan dengan berjabat tangan di bawah selembar kain. Mereka memiliki kode menggunakan jari yang bisa menunjukkan nominal tertentu, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

7. Pasar Maeklong, Thailand

Pasar yang satu ini bisa dibilang cukup ekstrim, mengapa?. Karena pasar ini ada dipinggir rel kereta api yang aktif dilewati, bayangin aja gimana ekstremnya jika kereta api lewat.

Misalnya ada tanda kereta api akan lewat, mereka akan menghentikan proses jual beli dan bergegas merapikan daganganya.

Para pedagang akan menyibak tenda di depan pasar mereka sampai kereta lewat. Namun setelahnya, kegiatan berjualan tetap berlanjut.

8. Pasar anak dhaka, Bangladesh

Pasar yang satu ini jauh terbilang dari kata unik, karena pasar ini bukan menjual barang, melainkan manusia terutama anak-anak.

Pasar ini terbilang tidak berkeperimanusiaan. Walaupun terbilang ilegal, akan tetapi eksistensi Pasar Anak Dhaka yang terletak di Bangladesh ini sudah menjadi rahasia umum.

Yang paling sering menjadi korban adalah anak-anak di bawah umur yang memang sengaja di jual oleh anggota keluarga mereka sendiri. Sungguh mengerikan.

9. Pasar Smithfield, London

Pasar yang satu ini juga terbilang sangat ektrim, mungkin kalian yang pertama kali mengunjunginya akan berteriak histeris dan pingsan.

Sebab dipasar ini menjual potongan tubuh manusia yang mengerikan. Seperti potongan kaki atau tangan yang digantung bebas.

Tetapi, jangan salah ya! Walaupun memiliki penampilan seperti potongan tubuh manusia, yang dijual di salah satu pasar teraneh di dunia ini tentu bukan potongan tubuh asli, melainkan daging babi, dan ayam, yang memang sengaja dibentuk menyerupai potongan tubuh manusia.

10. Pasar Beriman Tomohon, Manado

Pasar yang ada di Indonesia ini terbilang cukup aneh dan tak lazim untuk dikunjungi.

Pasar Beriman Tomohon yang terletak di Manado ini memang dinilai merupakan salah satu pasar paling aneh di Indonesia.

Bagaimana bisa? Di sini, kamu akan menemukan banyak daging-daging dari beragam hewan yang terbilang tak lazim untuk dikonsumsi manusia.

Sebut saja seperti daging kelelawar, tikus, kera, ular, dan masih banyak lagi. Walaupun terbilang aneh nan unik, nyatanya masyarakat lokal Manado itu sendiri memang gemar mengkonsumsi daging-daging hewan tersebut di dalam kesehariannya.

Jadi itula beberapa pasar anek dan ada juga yang tak lazim untuk dikunjungi. Mana nih pasar yang paling membuat kalian penasar buat dikunjungi?

Tag : #pasar    #aneh    #unik    #antimenstrim    #dunia   

Baca Juga