Ilustrasi perayaan Imlek

Wajib Tahu! 10 Pantangan saat Tahun Baru Imlek Agar Terhindar dari Kemiskinan

Sondang | Hiburan | 26-01-2022

PARBOABOA, Siantar – Tahun Baru Imlek 2573 jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Ini adalah perayaan paling dinanti masyarakat China dan Etnis Tionghoa di Indonesia.

Sebagai informasi, Tahun Baru Imlek kali ini adalah shio Macan Air. Perayaannya akan dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15 pada saat bulan purnama.

Oleh karena itu, sejumlah masyarakat Tionghoa mulai berburu pernak-pernik yang tentunya didominasi warna merah cerah dan keemasan. Nantinya, pernak-pernik itu bakal dipasang di rumah untuk memeriahkan awal tahun dengan harapan mendatangkan kebahagiaan.

Meski demikian, terdapat sejumlah pantangan saat Tahun Baru Imlek yang tidak boleh dilanggar oleh warga Tionghoa. Hal itu bertujuan agar terhindar dari kesialan atau nasib buruk di sepanjang tahun.

Daftar 10 Pantangan saat Tahun Baru Imlek Agar Terhindar dari Kemiskinan

1. Jangan Menyapu atau Membersihkan Rumah

Saat Tahun Baru Imlek, siapa pun dilarang menyapu atau membersihkan rumah. Sebab, Dewa Keberuntungan diyakini akan mengunjungi setiap rumah pada Hari Ray Tahun Baru Imlek.

Artinya, menyapu lantai sama saja dengan menyapu kekayaan yang dibawa oleh Dewa Keberuntungan. Maka dari itu, masyarakat Tionghoa akan melakukan aktivitas bersih-bersih sehari sebelum Tahun Baru Imlek.

Namun jika hal ini terpaksa dilakukan, maka harus dimulai dari tepi luar ke dalam. Kemudian masukkan sampah ke dalam kantong, dan buang setelah hari kelima.

2. Jangan Memecahkan Benda

Dengan memecahkan benda apalagi yang mengandung kaca atau keramik pada Tahun Baru Imlek diyakini dapat menghancurkan koneksi untuk kekayaan dan kemakmuran seseorang.

Namun jika sudah terlanjur jatuh dan hancur, segera bungkus benda tersebut denfan kertas merah sambil mengucapkan “suìsuìpíng’ãn”. Kata-kata itu berarti meminta perdamaian dan keamanan sepanjang tahun.

3. Jangan Mengucap Kata-Kata Negatif

Kata-kata negatif memang tidak baik diucapkan apalagi ketika Tahun Baru Imlek. Sebab, hal itu diyakini dapat mendatangkan nasib yang kurang baik ataupun kemalangan pada diri sendiri dan orang lain.

Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk berkata-kata yang sopan, baik dan menyenangkan agar setiap harinya menjadi berkah dan kemudahan kedepannya.

4. Jangan Minum Obat

Di Tahun Baru Imlek, warga Tionghoa juga dilarang untuk meminum obat agar terhindar dari sakit sepanjang tahun. Namun jika sedang mengalami sakit kronis atau terserang penyakit serius, meminum obat adalah hal yang penting.

Pantangan ini juga melarang untuk mengunjungi dokter, melakukan dan menjalani operasi dan lebih berhati-hati agar tidak terjadi luka.

5. Jangan Menggunakan Benda Tajam

Benda tajam seperti gunting dan pisau dilarang untuk digunakan saat Tahun Baru Imlek tiba. Sebab di masa lalu, pantangan ini dipercaya dapat memotong aliran kekayaan dan kesuksesan seseorang. Maka dari itu, semua salon yang beragama Tionghoa akan tutup saat Tahun Baru Imlek.

6. Jangan Menagih Utang

Ketika Tahun Baru Imlek, tidak ada yang boleh membahas bahkan menagih utang piutang. Sebab, aktivitas ini dipercaya akan membawa nasib buruk pada kedua belak pihak.

Bagi warga Tionghoa, Tahun Baru merupakan hari bahagia dimana tidak boleh membebani seseorang dengan menagih utangnya ataupun meminjam uang kepada orang lain.

7. Jangan Berkelahi dan Menangis

Menangis dan berkelahi adalah hal yang sangat dilarang ketika Tahun Baru Imlek. Sebab, perayaan ini meminta semua orang harus merasakan suka cita meski hanya dalam satu hari.

Namun bila tidak sengaja terjadi konflik, biasanya tradisi saling meminta maaf untuk memastikan jalan yang lancar di sepanjang tahun.

8. Jangan Bepergian Keluar Rumah

Tahun Baru Imlek ternyata melarang anggota keluarganya untuk bepergian keluar rumah, terkhusus wanita yang telah menikah untuk mengunjungi orangtuanya.

Sebab, mereka percaya hal ini dapat membawa kesialan untuk dirinya dan orang tuanya dan dipercaya mendatangkan kemiskinan ekonomi bagi keluarganya.

9. Jangan Mencuci Pakaian

Khusus di hari Tahun Baru Imlek, tidak ada yang diperbolehkan mencuci pakaian di hari pertama dan kedua. Itu karena di hari yang sama merupakan hari ulang tahun Dewa Air, Shuishen. Pakaian baru boleh dicuci jika sudah memasuki hari kelima.

10. Jangan Makan Bubur

Pantangan yang terakhir di Hari Tahun Baru Imlek adalah tidak boleh makan bubur. Sebab, bubur hanyalah makanan bagi orang-orang yang sedang sakit. Maka hal itu sering dikaitkan dengan kemiskinan atau tidak bisa mendapat rejeki baru di sepanjang tahun.

Itulah daftar 10 pantangan saat tahun baru imlek agar terhindar dari kemiskinan. Jangan dilanggar ya!

Tag : #imlek 2022    #hari raya tionghoa    #nasional   

Baca Juga