10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Penulis : Ester | Internasional | 10-10-2022

Finlandia menjadi Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia (Foto:lpmpjatim.kemenkdikbud)

PARBOABOA – Seperti yang kita ketahui, pendidikan adalah salah satu hal yang penting untuk dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara. Tidak hanya itu, pendidikan yang baik juga dapat membuat setiap orang lebih pintar dan cerdas.

Hal itulah yang menjadikan banyak negara berlomba-lomba untuk membuat sistem pendidikannya menjadi lebih baik agar melahirkan penerus yang berkualitas. Dengan membuat sistem pendidikan terbaik di suatu negara maka Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan di negara tersebut juga akan sangat baik dan berkualitas.

Dalam kategori ini, kita dapat melihat negara-negara mana saja yang termasuk ke dalam sistem pendidikan terbaik di dunia berdasarkan surveri global. Untuk mengetahui hal tersebut, di bawah ini sudah kami berikan daftar negara dengan pendidikan terbaik di dunia yang telah dilansir dari beberapa sumber.

Negara mana sajakah itu? Berikut kami berikan ulasan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

1. Finlandia

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang pertama jatuh kepada Finlandia. Ada banyak faktor yang membuat negara Finlandia menjadi negara dengan pendidikan terbaik di dunia meski universitas di dalam negara ini tidak sepopuler Amerika Serikat.

Beberapa diantaranya adalah, pelajar di Finlandia tidak diperbolehkan memasuki sekolah dasar jika usianya belum genap 7 tahun. Selain itu, di Finlandia rasio antara pelajar dengan tenaga pelajar juga seimbang. Terdapat pula kurikulum nasional yang dijadikan sebatas edoman dan sisnya sangat fleksibel.

Tidak hanya itu, waktu belajar di Finlandia bahkan proses belajar di negara terkesan sangat santai. Hal tersebut membuat para pelajar di Finlandia nyaman dan dapat mengeksplore diri mereka secara lebih.

2. Inggris

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia selanjutnya adalah Inggris. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan pendidikan kelas dunia seperti Oxford, Cambridge, College London, dan masih banyak lagi. Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa Inggris memang layak menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Di Inggris, tenaga pengajar sangat ahli dalam bidang yang mereka ajarkan. Selain itu, Inggris juga menerapkan sistem sekolah wajib darii usia 5 sampai 16 tahun dimana sistem kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum nasional.

Tidak hanya itu, universitas di Inggris juga memiliki sasaran utama mpelajar dari penjuru dunia. Tidak heran mengapa banyak orang yang tertarik dan ingin melanjutkan studinya di negara ini.

3. Amerika Serikat

Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika “Negeri Paman Sam” ini menjadi salah satu menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Nama-nama universitas kelas dunia seperti Harvard, Stanford, berada di negara ini dan menjadi universitas terbaik di dunia.

Di negara ini, hampir seluruh ilmu terapan dan eksak dipelajari dengan detail di sekolah-sekolah lanjutan Amerika Serikat. Selain itu, biaya pendidikan di negara ini juga relatif mahal yang membuat banyak pelajar di sana harus berusaha keras agar mendapatkan beasiswa.

Tidak hanya itu, berkat sistem pendidikan terbaiknya sekitar 70% pelajar di Amerika Serikat lulus dan melanjutkan ke pendidikan tinggi.

4. Kanada

Selanjutnya adalah Kanada. Kanada menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik dimana negara ini memang menjadi salah satu negara yang diincar banyak orang untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Bahkan dalam laman Daily Hive Vancouver, Kanada menjadi negara ketiga di dunia yang diminati banyak orang untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan. Hal itu berkaitan dengan sistem pendidikan Kanada yang sangat profesional dan tidak memberatkan pelajar dengan tugas yang begitu banyak.

Selain itu, tenaga pengajar di negara ini juga sangat menguasai bidangnya masing-masing serta biaya pendidikan di Kanada relatif terjangkau.

5. Australia

Selain menjadi salah satu negara makmur, Australia juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Di dalam negara, sistem pendidikan yang diterapkan mirip dengan Indonesia dimana setiap anak yang telah berusia 6 tahun diwajibkan untuk mengikuti sekolah dasar.

Bahkan jenjang pendidikan menengajh juga diwajibkan di negara ini. Biasanya, setiap anak berusia 6-16 tahun akan duduk di bangku sekolah pada tahun pertama hingga sembilan atau sepuluh. Meski demikian, sistem pendidikan di “Negara Kanguru” ini menerapkan sistem yang beragam guna menjaga kuliatas pendidikan negaranya.

6. Belanda

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia selanjutnya adalah Belanda. Negara ini menerapkan sistem komunikasi bilingual atau dwibahasa, dimana setiap sekolah akan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Belanda.

Hal tersebut dilakukan guna mempersiapkan generasi muda dalam persaingan global dan dapat beradaptasi di negara-negagra lain. Tidak heran mengapa banyak sekali anak-anak dari negara Belanda yang sudah menguasai bahasa asing seperti Inggris, Jerman, dan Prancis.

Selain itu, anak-anak di negara ini juga tidak dibebankan dengan tugas sekolah sehingga mereka lebih bahagia saat belajar, bahkan sangat senang jika pergi ke sekolah.

7. Jerman

Jerman merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara ini memiliki market besar di kedokteran spesialis, otomotif, teknis mesin, penerbangan, dan perkapalan dalam studi lanjutan.

Bahkan sekolah kedokteran di Jerman menjadi salah satu tujuan favorit banyak orang di dunia. Hal itu dapat kita lihat dari banyaknya dokter atau ahli medis kelas dunia yang dulunya sempat mengenyam pendidian di Jerman.

Selain itu, di Jerman juga dilakukan pemilihan tiga jalur sekolah menengah berdasarkan prestasi akademik setelah menyelsaikan pendidikan dasar di empat kelas. Ketiga jalur itu adalah, gimnasium untuk mereka yang melanjutkan ke perguruan tinggi "Realschule," atau sekolah menengah, untuk karir kerah putih, dan "Hauptschule," atau sekolah umum, adalah untuk profesi perdagangan.

8. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara dengan sistem pendidkan terbaik di Asia bahkan di dunai. Sistem pendidikan di negara ini menerapkan profesionalisme yang sangat paten dimana, mereka akan membuat peraturan dengan standar terbaik untuk memajukan bangsa mereka.

Selain itu, disiplin, etos kerja, serta kecerdasan di negara ini menjadi kunci dalam menciptakan dan memajukan teknologi di “Negeri Sakura” ini. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa Jepang menjadi salah satu negara makmur di dunia.

Bahkan khusus di bidang teknologi, Jepang memiliki lembaga pendidikan tinggi atau dosen yang sangat ahli dan detail dalam penerapan teknolgo dan pelajaran. Meski demikian, pendidikan menengah di Jepang tidak diwajibkan namun minat belajar warga Jepang sangat tinggi.

9. Korea Selatan

Negara dengan pendidikan terbaik selanjutnya jatuh kepada Korea Selatan. Negara ini memiliki sistem pengelolaan yang diaur oleh pemerintah sepenuhnya. Selain itu, sistem pendidikan di Korea Selatan juga menjadi tiga jenjang, yakni primer, sekunder, dan tinggi.

Tidak hanya itu, pelajar di Korea Selatan sangat terobsesi dengan pendidikan. Tidak hanya itu, kesopanan di negara ini juga sangat ketat. Sehingga banyak pelajar di Korea Selatan yang cerdas dan juga sopan.

10. Denmark

Kurang lengkap jika kita tidak memasukkan Denmark ke dalam negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara Denmark menjadi salah satu negara Eropa yang memiliki sistem pendidikan memupuni, bahkan negara ini menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di Eropa.

Beberapa sekolah di Denmark juga sudah memiliki kurikulum yang sudah diakui sebagai kurikulum terbaik dan telah diterapkan di banyak negara. Jam sekolah di negara ini juga tidak terlalu banyak, namun mampu mengaplikasikan ilmunya dengan efektif. Hal tersebut menjadi alasan besar yang membuat Denmark menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Editor : -

Tag : #negara    #pendidikan    #internasional    #terbaik    #sekolah    #universitas    #finlandia   

Baca Juga