Kebakaran Kawasan Hutan Produksi di Palas (Dok. MimbarRakyatD)

10 Hektar Kawasan Hutan Produksi di Palas Ludes Dilahap Sijago Merah

Mei | Daerah | 23-07-2022

PARBOABOA, Palas - Sekitar 10 hektar kawasan hutan produksi di wilayah Desa Parapat, Kecamatan Ulu Sosa, Kabupaten Padang lawas (Palas) dilahap oleh sijago merah, Sabtu  (23/7/2022).

Saat dimintai keterangan, Kepala Unit KPH VII Gunung Tua Unit Sosa, David Erwinsyah SHUT didampingi Stafnya Ramadhan Gustika SHUT MM, mengatakan bahwa api diduga merembet dari pembakaran lahan untuk kelapa sawit.

"Posisi lahan yang terbakar berada di perbatasan antara Desa  Siborna Kecamatan Sosa Julu dengan Desa Parapat, Kecamatan Ulu Sosa" kata Ramadhan.

KPH VII Gunung Tua Unit Sosa bersama dengan Manggala Agni dan Babinsa Koramil 09 Sosa juga Bhabinkamtibmas Polsek Sosa mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Proses pemadaman api cukup sulit untuk dilakukan karena lokasi tempat kebakaran cukup jauh dari sumber air.

"Kami informasikan bahwa hingga saat ini  di lokasi hutan yang terbakar, posisi api belum dapat dipadamkan secara menyeluruh tetapi kita terus melakukan upaya agar api padam total dilokasi kebakaran," tambahnya.

Menyikapi kejadian itu, Ramadhan menghimbau kepada semua masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran secara sembarang, apalagi saat musim kemarau untuk menghindari kejadian yang sama terulang kembali.

Tag : #kasus kebakaran    #kebakaran hutan    #daerah    #hutan terbakar   

Baca Juga