10 Daftar Klub Eropa Dengan Penjualan Jersey Terbanyak Sepanjang Tahun 2021

Michael | Sepakbola | 27-01-2022

Juventus, PSG, Liverpool masuk ke dalam 10 klub Eropa dengan penjualan jersey terbanyak tahun 2021 (Sumber Foto: Arte Goal Brasil)

Parboaboa.com – Berikut ini adalah 10 tim dengan keutungan penjualan jersey paling laris sepanjang 2021. Manchester City berada di peringkat ke-10 dalam penjualan jersey sementara sang rival sekota berada diposisi ke-4, yakni Manchester United.

Euromerica Sport Marketing, sebuah lembaga yang mendapatkan sertifikasi dari FIFA, telah mengumumkan daftar klub dengan penjualan jersey terbanyak pada tahun 2021. Klub-klub dari Liga Inggris sangat dominan dalam daftar ini.

Tercatat, empat dari 10 klub dengan jersey paling laris berasal dari Liga Inggris. Sementara, Liga Italia hanya memasukkan satu klub saja. Liga Spanyol memiliki dua wakil yang terdaftar dalam 10 besar tersebut.

Jika Manchester City berada di posisi ke-10 dan Manchester United berada di posisi ke-4, lantas klub mana yang mempunyai keutungan dari penjualan jersey paling laris? Berikut ini daftar yang telah Parboaboa susun berdasarkan dari penjualan tersikit hingga terlaris.

Manchester City

Manchester City menunjukkan perkembangan yang pesar dalam satu dekade terakhir ini. Mereka mulai meraih banyak prestasi pada level domestik. Manchester City sangat kuat di Liga Inggris dan merupakan salah satu unggulan di Eropa.

Popularitas Manchester City pun meningkat sangat signifikan. Sebagai bukti, Manchester City menjadi tim dengan penjualan jersey paling laris ke-10 dalam daftar yang telah dikeluarkan Euromerica Sport Marketing. Sepanjang tahun 2021, Manchester City berhasil menjual 1,087 juta jersey.

Paris Saint Germain

Mempunyai dukungan finansial yang kuat membuat PSG bisa dengan mudah membeli pemain bintang. Kehadiran pemain top seperti Neymar, Kylian Mbappe dan yang terbaru Lionel Messi membuat PSG kini menjadi tim yang sangat terkenal.

PSG menjadi tim dengan penjualan jersey paling laris ke-9. PSG mampu menjual setidaknya 1,180 juta jersey sepanjang tahun 2021. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat pada tahun 2022 menyusul kedatangan Lionel Messi dan Sergio Ramos di awal musim ini.

Borussia Dortmund

Dortmund memang berada di bawah dominasi Bayern Munich ketika berkompetisi di Bundesliga. Tapi, Dortmund tetap punya daya tarik dunia yang besar. Dortmund menjadi tim dengan penjualan jersey terbanyak ke-8.

Berdasarkan data dan fakta yang didapat Euromerica Sport Marketing, Dortmund mampu menjual 1,222 juta jersey sepanjang tahun 2021. Tampaknya, sosok pemain populer seperti Marco Reus dan Erling Haaland mampu membuat Dortmund mempunyai daya tarik tersendiri secara dunia.

Chelsea

Chelsea berada di urutan ke-7 dalam daftar klub dengan penjualan jersey terbanyak sepanjang tahun 2021. The Blues, mampu menjual setidaknya 1,310 juta jersey.

Pencapaian ini tentu tidak lepas dari sejumlah prestasi yang berhasil Chelsea pada musim 2020/2021. The Blues adalah juara Liga Champions musim lalu. Jadi, tidak heran jika penjualan mereka cukup bagus. Belum lagi saat ini Chelsea di perkuat pemain-pemain besar eropa, seperti Romelu Lukaku, Timo Werner, Saul, Jorginho, Thiago Silva, Hakim Ziyech dan tentu saja N’Golo Kante.

Barcelona

Di tengah krisis finansial yang dialami, Barcelona masih bisa berharap mendapatkan pemasukan dari penjualan jersey. Sepanjang tahun 2021, Barcelona berhasil menjual 1,340 juta jersey. Besarnya penjualan jersey Barcelona ini membuat mereka berada pada urutan ke-6 penjualan jersey terbanyak sepanjang 2021.

Hanya saja, jumlah penjualan jersey Barcelona ini diprediksi bakal turun pada tahun 2022. Sebab, sudah tidak ada lagi nama Lionel Messi di tim. Selama ini, Messi telah menjadi sosok penting bagi Barcelona.

Juventus

Juventus berada pada posisi ke-5 dalam daftar penjualan jersey terbanyak tahun 2021. Saat data ini diambil, Juventus masih diperkuat Cristiano Ronaldo pada paruh kedua musim 2020/2021. Jadi, tidak mengherankan jika penjualan jersey Juventus mencapai 1,420 juta kaos.

Juventus secara dunia memang memiliki banyak fans yang tersebar di seluruh benua. Nama mereka sangat populer hampir di seluruh dunia. Tapi, dengan perginya Cristiano Ronaldo, Juventus diprediksi akan mengalami sedikit kehilangan penjualan jersey mereka.

Manchester United

Popularitas Manchester United di pasar dunia sudah tidak perlu diragukan lagi. Mereka telah memperkuat jaringan bisnis di Asia, Afrika, dan Amerika dalam beberapa musim terakhir.

Manchester United pun menduduki peringkat ke-4 dalam daftar klub dengan penjualan jersey paling lari sepanjang tahun 2021. The Reds Devils menjual 1,950 juta jersey. Jumlah itu diyakni akan naik drastis pada tahun 2022 setelah kepulangan Cristiano Ronaldo ke Old Trafford dan Jadon Sancho dari Borrusia Dortmund.

Liverpool

Liverpool meraih banyak prestasi bagus dibawah asuhan Jurgen Klopp. Gelar juara Liga Champion dan Liga Inggris berhasil diraih. Prestasi itu menghadirkan popularitas secara dunia. Apalagi, The Reds punya banyak pemain yang ikonik.

Kehadiran Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Thiago, dan Jordan Henderson membuat Liverpool semakin Populer. The Reds menjadi tim nomor ketiga dengan penjualan jersey paling laris sepanjang tahun 2021. Liverpool berhasil menjual setidaknya 2,450 jersey dalam setahun itu.

Real Madrid

Real Madrid masih menjadi tim dengan daya tarik besar pada tingkat dunia. Real Madrid mungkin tidak lagi mempunyai Cristiano Ronaldo. Eden Hazard dan Gareth Bale pun masih dalam performa yang kurang baik, tapi Real Madrid tetaplah Real Madrid.

Real Madrid menjadi tim dengan penjualan jersey paling laris kedua sepanjang tahun 2021. Tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini mampu menjual 3,050 juta jersey pada tahun 2021. Penjualan yang sangat banyak tentunya.

Bayern Munich

Terkejut melihat Bayern Munich menjadi tim yang penjualan jerseynya paling laris sepanjang tahun 2021? Harusnya sih tidak.

Bayern Munich punya prestasi yang luar biasa dalam beberapa musim terakhir. Mereka sangat mendominasi di Bundesliga dan selalu menjadi unggulan di Liga Champions.

Kehadiran pemain seperti Thomas Muller, Robert Lewandowski, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, Kingsley Coman dan Leroy Sane membuat Die Roten mempunyai daya tarik yang sangat kuat. Bayern adalah tim dengan penjualan jersey paling banyak sepanjang 2021. Tercatat, setidaknya ada 3,250 juta jersey yang terjual sepanjang tahun 2021.

Sumber: Euromerica Sport Marketing via Football Italia
 

Tag : #manchester city    #manchester united    #bayern munich    #real madrid    #juventus    #liverpool   

Baca Juga