10 Bahasa Ini Paling Banyak Dipakai di Dunia, Ada Bahasa Indonesia Loh!

10 Bahasa Ini Paling Banyak Dipakai di Dunia, Ada Bahasa Indonesia Loh!

Sondang | Pendidikan | 27-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Bahasa merupakan jembatan untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Semakin banyak bahasa yang kita tahu, maka semakin banyak pula orang yang bisa di ajak berkomunikasi.

Tak hanya itu, dengan mengetahui banyak bahasa, kita akan mudah mencari pekerjaan. Contohnya bekerja di perusahaan multinasional. Bekerja di sini merupakan salah satu impian banyak orang, temasuk mahasiswa dan fresh graduate.

Seperti namanya, perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang menjalankan bisnisnya dan memiliki kantor di sejumlah negara. Bahasa Inggris memang menjadi bahasa asing yang wajib kamu kuasai bila ingin bekerja di perusahaan multinasional, bahkan perusahaan lokal.

Namun, selain bahasa Inggris, sejumlah perusahaan multinasional kini juga mengharapkan calon pegawai menguasai bahasa lainnya, seperti bahasa Mandarin. Bukan tanpa alasan mengapa bahasa Inggris dan Mandarin menjadi bahasa Asing yang potensial untuk dikuasai.

Pasalnya, kedua bahasa tersebut menjadi bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Tak hanya bahasa inggris dan mandarin, bahasa Indonesia juga menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

10. Bahasa Indonesia - 199 juta penutur

Bahasa Indonesia menempati urutan ke-10 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 199 juta penutur. Hal bukanlah sesuatu yang asing, sebab negara Indonesia adalah negara dengan jumlah populasi terpadat keempat di dunia. Maka, tak heran bila bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia.

Karena wilayah Indonesia yang strategis dan kaya akan sumber daya alam serta manusia, penyebaran bahasa Indonesia juga terjadi melalui hubungan perdagangan dan kerja sama internasional. Sehingga, banyak masyarakat dari luar Indonesia yang mau belajar bahasa Indonesia.

9. Portugis - 234 juta penutur

Bahasa Portugis menempati urutan ke-9 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 234 juta penutur. Hal itu disebabkan karena sebagian besar negara bekas jajahan Portugis hingga saat ini masih menggunakan bahasa Portugis menjadi bahasa resmi mereka.

Selain Portugal, bahasa Portugis juga digunakan oleh Angola, Brasil, Cape Verde, Timor Leste, Mozambik, dan Guinea-Bissau. Penyebaran bahasa tersebut berawal dari abad ke-15 saat portugal menggunakan sistem kerajaan kolonial dan perdagangan pertama yang terlama di dunia pada zaman modern (1415-1975).

8. Rusia - 258 juta penutur

Bahasa Rusia menempati urutan ke-8 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 258 juta penutur. Hal ini disebabkan karena bahasa Rusia kebanyakan digunakan oleh negara-negara bekas jajahan Uni Soviet (Rusia).

Negara-negara yang memakai bahasa Rusia sebagai bahasa resmi adalah Ukraina, Latvia, Armenia, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Lituania.

7. Bengali - 265 juta penutur

Bahasa Bengali menempati urutan ke-7 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 265 juta penutur. Bahasa Bengali merupakan anak cabang dari bahasa Indo-Arya, yang dituturkan di negara Bangladesh dan beberapa daerah bagian selatan di negara India.

Bahasa ini dibagi menjadi dua dialek, yaitu dialek Shadhu Bhasa yang didasarkan pada dialek Kota Kolkata dan dialek Cholit Bhasa yang non-standar. Penggunaannya tergantung pada wilayah tutur bahasa itu sendiri.

6. Bahasa Arab - 274 juta penutur

Bahasa Arab menempati urutan ke-6 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 274 juta penutur. Bahasa Arab menjadi bahasa resmi dari 25 negara di wilayah Timur Tengah dan juga menjadi bahasa peribadatan umat Islam di dunia.

Angka dari penutur yang menggunakan bahasa Arab bisa dilihat di beberapa negara Timur Tengah dan beberapa negara Asia, termasuk Uni Emirat Arab, Irak, Arab Saudi, Yaman, Sudan, Qatar, Afghanistan, Iran.

Bahasa Arab memiliki tiga dialek, yaitu dialek Utara (Mesir, Mesopotamia, Levantin), dialek Selatan (Jazirah Teluk, Hijazi, Nadji dan Yamani) serta dialek Barat (Magribi).

5. Prancis - 280 juta penutur

Bahasa Prancis menempati urutan ke-5 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 280 juta penutur. Sama halnya dengan bahasa Prancis yang tidak hanya negara Prancis yang menggunakan. Melainkan juga digunakan di Belgia, Luksemburg, Swiss, Kanada, Pantai Gading, Mali, dan Haiti sebagai bahasa pertama atau kedua.

Bahasa Perancis dikenal dunia setelah Napoleon Bonaparte melakukan invasi ke beberapa negara saat terjadi Revolusi Perancis.

4. Spanyol - 534 juta penutur

Bahasa Spanyol menempati urutan ke-4 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 534 juta penutur. Bahasa Spanyol lahir berkat interaksi antara orang Celtic yang berbahasa Celtic dengan orang Romawi yang berbahasa Latin.

Bahasa Spanyol tidak hanya dijadikan bahasa resmi di Spanyol saja. Namun, banyak negara Amerika Latin pun seperti Argentina, El Salvador, Chile, Meksiko, Guatemala, dan Kosta Rika pun menjadikan bahasa Spanyol menjadi bahasa sehari-hari.

3. Hindi - 615 juta penutur

Bahasa Hindi menempati urutan ke-3 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 615 juta penutur. Hal itu disebabkan karena negara India merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok.

Alhasil, bahasa Hindi berada di posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

2. Mandarin - 1,12 miliar penutur 

Bahasa Mandarin menempati urutan ke-2 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 1,12 miliar penutur. Bahasa ini bagian dari rumpun bahasa Sino-Tibet yang tersebar di sebagian besar negara di wilayah Asia. Lima bahasa Tiongkok utama yaitu Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu dan Hakka juga digunakan di Taiwan, Singapura dan Malaysia.

1. Bahasa Inggris - 1,13 miliar penutur

Terakhir, bahasa Inggris menempati urutan pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 1,13 miliar penutur. Hal itu disebabkan karena lebih dari 60 negara di dunia menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Sejumlah negara yang telah resmi menggunakan bahasa Inggris diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Nigeria, Australia, dan Namibia. Dikarenakan popularitas dari negara Amerika dan Inggris, saat ini banyak negara termasuk di Indonesia, yang kerap menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa kedua setelah bahasa pribumi.

Bahkan, cukup banyak lembaga pendidikan di berbagai negara yang menjadikan bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari. Ini karena sejarah Inggris sendiri pernah menginvasi banyak negara di dunia.

Tag : #bahasa indonesia    #bahasa inggris    #bahasa mandarin    #bahasa hindi   

Baca Juga